5/06/2024

Untuk Kau Yang Sedang Merantau, Suksesmu Sudah Di Depan Mata

Kutipan judul diatas mungkin bisa memberikan semangat kepada anak rantau yang sedang memperjuangkan masa depan melawan serbuan tantangan dan rintangan yang melelahkan dan hampir membuat putus asa.

Menjadi seorang perantau memang bukan perkara yang mudah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum mantap untuk merantau. Di perantauan tantangan pun sudah siap menanti. Bekerja atau melanjutkan pendidikan jauh dari rumah harus bisa menjaga diri sebaik-baiknya.  Keputusan untuk merantau akan memberikan berbagai perubahan di kehidupanmu kelak, juga mengubah cara pandangmu dalam melihat setiap sisi kehidupan dan menjadikanmu lebih dewasa dan bijak.

Mengutip dari katamotivasihidup.com (6/3/2017),  kata kata mutiara anak rantau ini sangat inspiratif untuk membangkitkan semangat di tanah perantauan baik yang bekerja atau sedang kuliah. Berikut beberapa kutipannya :

 “Demi keluarga dan demi cita cita saya maka akan saya kerjakan dengan sepenuh hati.”

“Dimana bumi dipijak disitulah langit dijunjung, sebagai perantau saya selalu menghormati adat dan istiadat sekitar.”

“Apapun rintangan dan halangan yang sedang saya hadapi saat ini pasti saya akan jalani sepenuh hati dan lapang dada.”

“Merantau akan memberikanmu banyak pengalaman hidup. Pergilah sejauh mungkin, tapi jangan sampai lupa pulang.”

“Di perantauan sungkan pulang, di rumah enggan berangkat lagi”

 “Apa yang sedang saya tanam dan saya kerjakan niscaya akan membuahkan hasil yang baik karena saya datang dan bekerja dengan niat yang baik pula.”

“Kami mungkin punya mental yang jauh lebih kuat dibanding anak yang masih tinggal bersama orang tua. Setiap permasalahan yang ada kami hadapi dengan sendiri dan mandiri.”

“Setiap kesepian yang datang kami lawan dengan ketegaran yang hebat. Bila rindu mengetuk hati, kadang hanya tangis yang kami tahan setiap malam.”

“Merantau bukanlah perkara sederhana. Jauh dari orang tua adalah hal yang sangat menyiksa. Namun berbahagialah mereka, semakin jauh dari orang tua, hati mereka justru semakin dekat di sisinya.”

 “Ibu, walaupun kita berjauhan. Aku berjanji sekuat tenaga akan membahagiakanmu. Doa di setiap sujudmu selalu menyertai setiap langkahku menuju kesuksesan itu.”

Bagi yang sedang berpikir untuk merantau, bersiap-siaplah hidup sendiri dan meninggalkan kehidupan nyamanmu, dimana keluarga selalu mendampingi dan menyediakan segala keperluanmu. Namun demi masa depan yang cemerlang, harus berani menghadapi perubahan.

Walaupun merantau bukanlah pilihan yang mudah, namun juga bukan hal yang menakutkan. Merantau adalah kesempatan untuk berkunjung berbagai tempat baru, kampus-kampus favorit, kantor-kantor yang menawarkan karir yang menantang. Melihat beragam sisi kehidupan yang tentu berbeda dengan kampung halamanmu, berbagai lika – liku kehidupan, pengalaman dan pelajaran baru akan diperoleh dan membuat wawasanmu lebih luas. Berikut sekelumit lika-liku kehidupan sendiri di perantauan baik suka maupun duka.

Duka:

1.  Belajar hidup hemat dari gaji atau kiriman uang yang terbatas. Saat tinggal di rumah orang tua, kamu tidak pernah pusing memikirkan mau makan atau jajan apa, orang tua akan menyediakan yang kamu minta, namun kini kamu mulai belajar berhemat supaya bisa hidup sampai akhir bulan, harus bisa menahan nafsu jajan.

2.  Belajar mengurus kebutuhan sendiri. Biasanya di rumah ada yang membangunkan, sekarang harus bergantung pada alarm. Biasanya ada yang membereskan kamar, mencuci dan menyeterika baju sekarang semuanya harus dikerjakan sendiri.

3.  Kangen pulang. Ini yang paling menyedihkan, biasanya malam hari menjelang tidur saat semua kegiatan telah usai dan lelah, perasaan galau dan rindu rumah berkecamuk jadi satu.

 

Suka:

1.   Dekat dengan tempat bekerja atau Kampus

Tujuan merantau salah satunya supaya dekat dengan tempat bekerja atau kampus. Kamu tidak perlu pusing bolak-balik ke luar kota dan menghemat uang transport.

2.  Mengatur hidup sendiri dan belajar mandiri

Kalau di rumah biasanya segala sesuatu diatur orang tua, kini kamu bisa mengatur kamarmu sendiri, mengatur kapan mau main, belajar dan beristirahat tanpa ada yang melarang. Belajar mandiri akan mengasah rasa percaya dirimu untuk menghadapi tantangan dalam hidup.

3.  Mendapat keluarga dan kenalan baru

Walaupun jauh dari keluarga, kamu bisa menghalau kesepianmu dengan bersosialisasi, berkenalan dengan teman-teman baru di kos, kampus atau kantor akan membuat kehidupanmu menjadi lebih ceria dan seru. Keluarga ibu kos juga bisa menjadi keluarga barumu.

4.  Menjelajah tempat-tempat baru yang seru, menemukan dirimu yang sebenarnya

Dikutip dari hipwee.com, ditulis tiga tahun yang lalu, merantau akan membuka matamu pada berbagai hal-hal baru. Menuntunmu menuju sesuatu yang benar-benar kamu inginkan selama ini. Menemukan apa yang sebenarnya jadi panggilan hidupmu. Pekerjaan atau profesi seperti apa yang kamu inginkan, bidang apa yang ingin kamu tekuni, atau hidup seperti apa yang ingin kamu jalani? Pertanyaan-pertanyaan ini akan terbayar lunas, terjawab tuntas ketika kamu berani melangkahkan kaki jauh dari rumahmu.

 

Sumber:

-   - katamotivasihidup.com/motivasi-kerja/kata-motivasi-yang-bagus-untuk-anak-rantau/

-   - hipwee.com/motivasi/hei-kamu-yang-sedang-berjuang-di-perantauan-jangan-menyerah-pantang-pulang-sebelum-meraih-kesuksesan/

-   - pengalaman pribadi 

No comments:

Popular Posts