3/17/2018

Kalau Kamu Sayang Jantungmu, Makanan Ini Wajib Dihindari!

Sumber: magazine.job-like.com

Kalau bicara tentang makanan, tidak akan ada habisnya. Selalu saja ada makanan-makanan kreatif yang lezat tersaji dari restoran maupun warung-warung makan di sekitar kita. Namun sayangnya tidak semua makanan yang lezat itu bisa disantap demi kesehatan kita sendiri, terutama untuk penderita kardiovaskular atau jantung. 

Mengatur makanan menjadi hal yang paling penting dilakukan oleh penderita kardiovaskular untuk menjaga jantung tetap sehat dan meminimalisasi atau menurunkan resiko terjadinya serangan jantung.  

Para ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat untuk meringankan kerja jantung. Pasien jantung juga perlu menjalani diet khusus agar makanan yang dikonsumsi tidak memberatkan kerja jantung. Mereka biasanya menyarankan untuk makan lebih banyak ikan karena merupakan sumber protein dan kaya akan asam lemak omega 3 yang baik bagi jantung. Asam lemak omega 3 berperan mengurangi resiko terkena serangan jantung dan stroke. 

Lalu, apa saja makanan yang wajib dihindari oleh penderita penyakit jantung ini?

1. Makanan cepat saji

Sumber: www.merdeka.com

Meski lezat dan menggugah selera, makanan cepat saji ini menjadi menu pertama yang harus dihindari karena dalam makanan ini kadar lemak jenuh sangat tinggi. Seperti dikatakan ahli jantung dari Universitas Hofstra bahwa konsumsi relatif tinggi lemak jenuh yang berasal dari hewan dan karbohidrat akan berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Maka disarankan memasak makanan sendiri bisa menjadi upaya untuk mengurangi kombinasi lemak jenuh dan karbohidrat. 

2. Pizza

Sumber:www.groupon.com.au

Ternyata pizza menduduki urutan kedua dalam daftar makanan ‘gurih’ versi Asosiasi Kesehatan Jantung Amerika. Makanan ini mengandung sodium dan lemak jenuh, bahkan di topping-nya (bila itu daging). Sebagai gantinya, bisa memilih topping sayuran.  

3. Daging olahan

Sumber: nova.grid.id

Daging olahan seperti sosis dan bacon biasanya mengandung lemak jenuh tinggi dan kandungan garamnya yang tinggi. Dan ini alasan kenapa daging olahan termasuk dalam makanan yang wajib dihindari oleh penderita penyakit jantung.

4. . Makanan yang digoreng

Sumber: elina.id

Makanan yang digoreng  juga tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Dari beberapa studi telah menunjukkan bahwa makanan yang digoreng  bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Cara memasak seperti digoreng bisa  memunculkan lemak trans, yang meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan tingkat kolesterol baik dalam tubuh.

5.  Permen

Sumber: news.okezone.com

Nah, permen juga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita jantung karena mengandung kadar gula tingkat tinggi yang berkontribusi memunculkan obesitas, peradangan, kolesterol tinggi, diabetes, yang semuanya merupakan faktor pemicu penyakit jantung.

6. Margarin

Sumber: gizmodo.com

Margarin ternyata mengandung lemak trans yang tinggi. Mengonsumsi makanan yang  mengandung lemak trans yang tinggi seperti pada margarin kemungkinan besar meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit jantung. Untuk amannya, pilih margarin yang tidak mengandung minyak terhidrogenasi parsial, atau tetap dengan minyak zaitun sebagai gantinya.

7. Soda

Sumber: www.safebee.com

Menurut para peneliti, mereka yang mengonsumsi soda cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori daripada mereka yang tidak minum soda. Disamping itu, bahan kimia yang terdapat dalam minuman soda sebenarnya bisa mengubah bakteri pencernaan dan membuat orang lebih rentan mengalami kenaikan berat badan. Berat badan yang berlebih adalah salah satu faktor munculnya resiko penyakit jantung.

Nah, gimana masih berminat untuk mengonsumsi makanan ini setelah tahu resikonya?  Semoga artikel ini bermanfaat agar kita semua tetap sehat.

Sumber referensi: hellosehat.com

Artikel ini telah diterbitkan di http://tz.ucweb.com/3_3UWmL

No comments:

Popular Posts