3/19/2018

Setiap Perbuatan Baik Sejatinya Akan Kembali Kepada Dirinya Sendiri

Sumber: www.fettke.com

Suatu ketika kamu berjalan dan berpapasan dengan seorang ibu di jalan, kamu tersenyum pada ibu tersebut. Lalu apa kira-kira yang akan dilakukan ibu itu? Pasti kamu bisa menebak bahwa Ibu itu akan tersenyum balik kepadamu. Itulah contoh kecil dari perbuatan baik dan langsung mendapat hadiahnya. Mudah sekali ya berbuat baik itu?

Mengutip dari www.bacaanmadani.com (10/2016), melakukan pekerjaan baik yang bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi orang lain disebut amal baik. Berbuat kebaikan di manapun dan kapanpun akan membuat hidup ini akan lebih berarti. Dan biasakanlah melakukan sesuatu atau membantu orang lain dengan ikhlas karena seperti hukum kekekalan energi mengatakan bahwa energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain tetapi tidak bisa diciptakan atau dimusnahkan. Jika perbuatan baik itu adalah sebuah energy maka orang yang melemparkan kebaikan kepada sesama sejatinya tidak akan hilang akan tetapi akan kembali kepada dirinya sendiri. Jadi berbuat baik akan memberikan dampak yang baik atau positif bagi kehidupan kita. Kira-kira apa saja dampaknya?

1. Merasa lebih baik

Saat kita tersenyum kepada orang lain dan bisa membuatnya tersenyum, maka kita akan merasa bahagia atau lebih baik.

2. Menjadi penyayang

Membiasakan berbuat baik membuat kita lebih toleran dan berempati kepada orang lain. Dengan begitu, kita cenderung menjadi orang yang penuh kasih sayang.

3. Akan mendapat balasan kebaikan

Jika kita berbuat baik, kita akan menerima balasan kebaikan pula pada saatnya nanti. Balasan yang kita terima bisa jadi bukan dari orang yang sama dan tidak secara langsung melainkan kita peroleh dari orang lain lagi dan di waktu yang tidak terduga. Semakin sering kita berbuat baik, maka semakin banyak pula kebaikan yang akan kita terima juga.

4. Menjadi contoh bagi orang lain

Jika kita sering berbuat baik kepada seseorang, orang lain akan mengamati dan mengikuti. Setelah itu mereka akan mencoba untuk berbuat baik juga.

5. Memberi kontribusi pada dunia untuk menjadi lebih baik

Perumpamaannya begini, jika kita memberikan kebaikan kepada orang lain, maka orang lain akan bahagia dan membuat lingkungan sekitar pun menjadi lebih baik karena penuh dengan aura positif. Dengan cara seperti ini, setiap orang akan merasa membahagiakan orang lain yang kemudian ikut berkontribusi menjadikan dunia lebih baik pula.

Lalu bagaimana caranya agar kita termotivasi untuk berbuat baik?

1. Membiasakan berpikir positif


Sumber: www.motivasi-islami.com

Berpikir positif akan membantu kita tetap tenang dalam situasi buruk sekalipun dan bisa mencari cara untuk keluar dari situasi tersebut. Memiliki pikiran positif akan memberikan perubahan dalam kehidupan menjadi lebih baik, membantu memecahkan masalah lebih mudah dan mampu menghadapi tantangan yang lebih hebat dalam hidup

2. Bersikap rendah hati


Sumber: www.gkjjoyodiningratan.org

Merasa diri lebih baik dari orang lain bukanlah sikap yang baik. Biasakanlah untuk menghormati orang lain khususnya orang yang lebih tua dari kita. Belajarlah untuk menghargai pendapat orang lain meskipun kita tidak menyetujui pendapatnya, juga menghargai orang-orang yang selama ini mendukung keberhasilan kita. Tidak cepat menilai orang lain sebelum mengenalnya dengan baik.

3. Menunjukkan ketulusan hati

Janganlah berbuat baik karena memiliki tujuan-tujuan tertentu. Berbuat baiklah karena kita mau membantu meringankan beban orang lain.

4. Tidak bermuka dua

Tentunya mengerti apa arti bermuka dua, yaitu didepan bersikap baik tetapi di belakang menjelek-jelekkannya.

5. Tidak melakukan diskriminasi

Bersikaplah baik kepada setiap orang tanpa pandang bulu. Janganlah membedakan perlakuan kita terhadap orang lain berdasarkan ras, usia, jenis kelamin, kemampuan, atau agama. Belajarlah untuk memberi perlakuan yang sama tanpa memandang status mereka. Orang-orang yang memiliki kualitas seperti ini dihargai di mata orang lain.

6. Belajar berempati


Sumber: mamahmuda.com

Berempati adalah mencoba menempatkan diri kita pada posisi orang lain. Hal ini akan memudahkan kita untuk memahami orang lebih baik. Berempati membuat hubungan menjadi lebih kuat karena kita berhasil memahami perasaan orang lain dan tidak egois.

7. Belajar saling berbagi


Sumber: family.fimela.com

Berbagi bisa berarti membagi makanan kepada teman atau memberikan sesuatu yang lebih penting, misalnya waktu, tempat, atau nasehat. Bermurah hati adalah salah satu arti bersikap baik. Berusahalah untuk memberikan lebih banyak daripada apa yang kita terima.

8. Menjadi pribadi yang bisa diandalkan

Salah satu cara bersikap baik orang lain adalah siap membantu jika mereka membutuhkan. Sebagai contoh membalas email, menjawab panggilan telepon, menyediakan waktu jika seseorang meminta kita mendengarkan. Jika seseorang meninggalkan pesan, segera telepon kembali sebab tidak baik membuat orang lain menunggu sampai berhari-hari. Jika berjanji harus ditepati. Mengingkari janji atau komitmen yang sudah dibuat akan merusak kepercayaan orang kepada kita.

Menjadi orang baik itu ternyata tidak sulit ya dan kita sudah tahu bagaimana dampak dari perbuatan baik itu. Maka mulai sekarang kita membiasakan diri untuk berbuat baik. Kita bisa juga mengambil panutan orang-orang yang kita hormati atau cintai sehingga kita memiliki model. Pelajari cara berpikir mereka, bagaimana perkataan dan tindakan-tindakan baik mereka terhadap sesama dan pahami maksudnya. Hal ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagaimana orang-orang besar tersebut berproses dari awal kehidupan mereka hingga mereka bisa menjadi orang yang berpengaruh dan bermanfaat bagi seluruh umat manusia di dunia.

Sumber referensi:

  • www.bacaanmadani.com
  • intisari.grid.id
  • articara.net



Artikel ini sudah diterbitkan di kanal UC News



No comments:

Popular Posts